Kamis, 07 Maret 2013

JANGAN BERUSAHA KELUAR DARI REL-REL ALLAH SWT



Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh...
Bismillahirohmannirrohiem
Allahhumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala 'alihi Muhammad 

Saudaraku seiman, terkadang manusia merasa bosan dengan hidupnya
Wow.......manusia kok bosan hidup? Memangnya ada?
Kata temanku : "Type orang seperti itu bisa dikategorikan kelompok BUTA HURUF PETA HIDUP"
Nah, lhooo...bingung yaa..

Buta huruf itu bukan saja  tidak bisa baca tulis huruf saja, namun tidak bisa membaca peta hidup juga dikategorikan buta huruf...

Begini, di dalam al-qur'an  Allah swt berfirman :

DanTidaklah kuciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku.

Inilah salah satu peta hidup yang harus bisa kita baca. Kita hidup hanya untuk beribadah kepada Allah swt.

Bagaikan seorang hamba yang ngenger (= numpang hidup/bekerja/mengabdi di rumah tuannya, tentu dia akan berusaha bagaimanapun juga mengerahkan pikiran dan tenaga agar pengabdiannya tulus sesuai kehendak majikannya. Hal itu dilakukan terus menerus tanpa rasa bosan. Itulah yang namanya pengabdian).

Nah kalau mereka bekerja sembarangan dan ngawur bin amburadul sesuai keinginan sendiri bahkan tidak mengindahkan aturan yang dibuat majikannya  maka dampaknya buruk baginya. Dipecatlah. Dikeluarkan dari rumah. Disiksa oleh tuannya. Diperlakukan tidak manusiawi. Dan sebagainya.

Seseorang yang tahu peta hidup tentu berusaha untuk menjalankan aturan Allah swt. Mereka tidak akan memiliki niat secuilpun menjauhi aturan-Nya. Mereka tidak punya niat secuilpun mendekati larangan-Nya. Dan mereka tidak punya niat sedetikpun untuk menjauhi jalan-jalan (rel) yang telah ditetapkan Allah swt.

Bila kita menjauhi rel-rel Allah swt maka kita akan menjadi lengah dan syetan-syetan yang ada seberang sana akan menyergap untuk masuk mengisi kekosongan ruang hidayah kita.
Sebab mereka kaum syetan dan bolo-bolonya dari segala penjuru akan senantiasa berusaha menggiring kita menjauhi jalan Allah yang telah digariskan-Nya yaitu Shirothol mustaqim.

Oleh karena itu, selalulah dalam setiap detik, setiap menit, setiap jam dan setiap hari hendaknya kita senantiasa berusaha sungguh-sungguh untuk mencari sepercik hidayah-Nya sebagaimana do'a yang sering kita baca dalam sholat yaitu IHDINASH SHIROTHOL MUSTAQIIM.... (Ya Allah tunjukilah kami jalan yang lurus...jalan kebenaran...yang menuntun kita untuk keluar dari alam kegelapan menuju alam terang benderang)

Insyaallah kalau kita senantiasa istiqomah dengan tulus ikhlas berniat mengabdi sepenuh hati kepada Allah swt maka kita akan senantiasa berada pada rel-rel Allah swt.

wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar